Menengok Keindahan Mimbar Masjid Makassar

   Masjid Kampung Maloku atau yang dikenal sebagai Masjid Anshar, merupakan salah satu yang tertua di Makassar. Usia masjid tersebut 190 tahun. Letaknya di Jalan Somba Opu, Kelurahan Maloku, Kecamatan Ujung Pandang, Makassar.

Masjid Anshar didirikan pada tahun 1826 di sebidang tanah yang diwakafkan oleh almarhum Karaeng Tompo. Pada awal pembangunannya, masjid Anshar hanya berupa musala kecil yang luasnya sekitar 10x10 meter persegi.


Beberapa tiang yang sekarang berdiri di tengah masjid, menjadi penyangga awal berdirinya masjid tersebut. Setelah masjid mengalami renovasi dan perluasan, tiang-tiang tersebut tetap dibiarkan berdiri kokoh di dalam masjid.

Abdullah Yasin, Ketua Harian Masjid Anshar mengatakan, ada beberapa benda berumur ratusan tahun yang sampai ketika ini masih dipergunakan. Salah satunya mimbar.

"Mimbarnya itu sudah ada semenjak tahun 1327, bahkan mimbarnya itu lebih renta dari masjidnya sendiri," kata Abdullah Yasin, Minggu (19/6/2016). Itu artinya mimbar tersebut berusia 689 tahun. Yasin mengetahui umur mimbar tersebut alasannya di salah satu bab mimbar terdapat gesekan yang menunjukkan umurnya.

Namun, kayu mimbar yang terbuat dari kayu Ternate tersebut, terpaksa dilapisi alasannya umurnya yang sudah sangat renta dan mulai lapuk.

Yasin melanjutkan, sepengetahuannya masjid ini didirikan oleh Karaeng Tompo sehabis kelahiran anaknya. "Masjid itu seumur degan anak pendirinya, namanya Basse Masigi. Ketika anaknya lahir, ia juga membangun masjid," katanya.

Masjid Anshar juga sempat ditangani oleh militer yang ketika itu masih berjulukan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Masjid tersebut mangalami renovasi bertahap sehabis ditangani oleh ABRI.

Saat ditangani oleh ABRI itu, masjid juga sempat mengalami perubahan naman menjadi Masjid Anshar ABRI, namun sehabis itu dikembalikan lagi menjadi masjid Anshar. Bukti bahwa masjid ini pernah menjadi masjid kebanggan ABRI juga masih terasa. Hal itu diungkapkan oleh Anshar, Iswan Dg Kulle (37) yang sudah sebelas tahun menjadi Muadzin Masjid.

Iswan yang ditemui di masjid mengatakan, masjid terkadang didatangi oleh puluhan anggota Tentara Nasional Indonesia untuk melaksanakan kerja bakti. "Biasa juga ada puluhan Tentara Nasional Indonesia yang salat di sini," ungkapnya. Saat ini masjid Anshar yang diketuai oleh Idris Manggabarani, sudah cukup besar, dengan dua lantai dan bisa menampung lebih dari 1000 jemaah.

Belum ada Komentar untuk "Menengok Keindahan Mimbar Masjid Makassar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel