Bagaimana cara mengatasi penyakit malformasi chiari. Yuk simak berikut ini.


Untuk mengatasi penyakit malformasi chiari, kita ketahui dulu beberapa tipe dari penyakit malformasi Chiari tersebut yang terjadi berdasarkan tingkat keparahan pada bagian otak belakang yang turun ke saluran tulang belakang, melewati foramen magnum ataupun lubang dasar tengkorak menuju tulang belakang.

Tipe 1
Kebanyakan kasus CM tipe 1 tidak menimbulkan gejala atau masalah kesehatan pada pengidapnya, sehingga tidak berbahaya dan tidak memerlukan penanganan medis. Meski begitu, ada beberapa sebagian kasus yang menimbulkan gejala, terutama saat pengidap memasuki usia dewasa hingga usia lanjut. Sakit kepala ringan hingga berat, terutama setelah batuk, bersin, atau meregangkan badan, merupakan gejala utama dari CM tipe 1. Adapun gejala lainnya seperti sakit pada leher, tidak seimbangnya tubuh ketika berjalan, kesemutan dan mati rasa dikaki bahkan ditangan. Penglihatan kabur atau bahakan mengalami penglihatan ganda. Bahkan kesulitan berbicara sepertihalnya suara selalu serak dan disertai koordinasi tangan menurun.

Tipe 2
Adapun pada tipe ke 2, bagian otak yang mengalami herniasi pada malformasi chiari. Ternyata lebih banyak dibandingkan dengan tipe 1, hingga hal tersebut dapat mengakibatkan hilangnya jaringan saraf yang menghubungkan otak kecil bagian kiri dan kanan. Tipe yang satu ini juga dikenal dengan istilah malformasi Arnold-Chiari, yang ternyata dapat memiliki gejala yang lebih serius dibandingkan dengan CM tipe 1, di antaranya kelainan ritme pernapasan, kesulitan mengunyah, hingga sering tersedak dan muntah. Serta mata yang sering bergerak kebawah dengan cepat. Bahkan tangan yang terasa begitu lemah.

Tipe 3
Adapun pada kasus malformasi Chiari tipe 3 yang terparah, sebagian dari otak belakang atau batang otak masuk ke lubang abnormal pada dasar tengkorak. Kondisi tersebut dapat  menyebabkan berbagai masalah pada fungsi saraf pengidapnya. Namun, dalam hal ini bisa dideteksi lewat USG saat berada di dalam kandungan ataupun setelah lahir.

Tipe 4
Sementara itu, CM tipe 4 adalah ketika otak kecil atau serebelum tidak dapat berkembang dengan sempurna, hal tersebut juga dikenal dengan nama hipoplasia serebelum.

 “dilansir dari laman sehatq” bahwasanya untuk dapat mengatasi penyakit malformasi chiari kita bisa lakukan perawatan untuk penyakit tersebut sesuai tingkat keparahan serta karakteristik yang terjadi pada sipenderita. Adapun Jika tidak ada gejala yang dialami, maka dokter akan merekomendasikan pemeriksaan reguler dan MRI. Sepertihalnya, obat nyeri untuk sakit kepala atau jenis nyeri lainnya. Dokter biasanya mengatasi penyakit malformasi chiari simptomatik (yang memiliki gejala) dengan pembedahan. Tujuannya adalah untuk menghentikan perkembangan perubahan anatomi otak dan kanal tulang belakang, serta meringankan gejala agar tidak semakin memburuk. Jika sudah dapat kita kenali dari tanda maupun gejala yang terjadi dari penyakit tersebut. alangkah baiknya, temui dokter segera untuk mendapatkan evaluasi menyeluruh. Adapun beberapa hal yang dapat kita persiapkan sebelum melakukan konsultasi dengan dokter, di antaranya adalah:

  • Pastikan untuk menanyakan apakah ada sesuatu yang perlu kita lakukan sebelumnya 
  • Membuat daftar informasi medis utama yang kita rasakan atau yang terjadi selama ini, termasuk kondisi lain dan nama obat-obatan yang pernah kita  konsumsi
  • Menuliskan gejala apapun yang pernah dialami, baik dari awal pertama mengidap penyakit tersebut hingga sampai kondisi sekarang yang trejadi. 
  • Membawa pendamping untuk membantu kita mengingat informasi yang dokter sampaikan
  • Menuliskan beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan penyakit tersebut untuk diajukan kepada dokter
  • Menuliskan informasi pribadi kita termasuk stres dan perubahan gaya hidup


Sumber: Alodokter.com

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana cara mengatasi penyakit malformasi chiari. Yuk simak berikut ini."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel